Selasa, 23 April 2019

UNBK Semua Pasti Bisa


Ratusan siswa kelas sembilan di SMPIslam Pekalongan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Lab komputer sekolah setempat. Diketahui kegiatan tersebut, adalah pengalaman mengikuti latihan tes menggunakan komputer. Ternyata dari pengakuan sejumlah siswa, mereka masih takut dan khawatir tentang mata pelajaran (matpel) matematika yang diujikan.

Namun sebagai langkah antisipasi, dan meningkatkan percaya diri peserta, pihak sekolah terus melakukan pelatihan dan menerapkan trik belajar untuk siap menghadapi ujian menggunakan komputer tersebut. Bahkan belajar menggunakan aplikasi di Smartphone juga dilakukan untuk membiasakan diri ujian berbasis komputerisasi tersebut.

Pantauan di lokasi kegiatan simulasi UNBK, setiap siswa dengan seksama mengikuti dan mengerjakan soal-soal yang diberikan. Mereka mencoba mengisi jawaban dengan baik, dan menyesuaikan dengan waktu yang telah ditentukan.


Gambar konsultasi peserta didik sebelum memasuki ruangan UNBK sesi 2 matpel Matematika

“Betul sekali (untuk pelajaran matematika) untuk pada tahun pelajaran 2018/2019 ini dikatakan sulit oleh anak peserta didik” kata salah satu anak setelah selesai mengerjakan UNBK sesi 1. Kepala sekolah SMP Islam Pekalongan yang juga guru Matematika manimpali dan mencari solusi untuk sesi 2 agar di sesi 2 diharapkan peserta didik bisa mengerjakan dengan lebih baik, dan ternyata setelah ditelusuri ternyata peserta didik sebenarnya sudah bisa mengerjakan soal-soal UNBK, akan tetapi karena perasaan grogi atau stress anak menghadapi soal Matematika mereka dalam menghitung seperti tidak menemukan jawaban yang tepat. Sehingga mereka beranggapan soal-soal UNBK Matematika tahun ini dirasa sulit” papar kepala sekolah SMP Islam Pekalongan, Titik Purwaningsih, S.Pd.
“Sekolah kami melakukan tambahan belajar sejak satu semester sebelum Ujian Nasional maupun Ujian Sekolah, sehingga harapan kami semua peserta didik sudah terbiasa dengan mendapatkan soal-soal ujian baik untuk ujian sekolah maupun ujian nasional”, imbuh dari kapala SMP Islam Pekalongan.
“ Tapi terus kami lakukan pendampingan, supaya peserta didik kami tidak putus asa dan besok masih ada mata pelajaran B. Inggris dan IPA ,” kata Kepala SMP Islam Pekalongan saat dikonfirmasi (23/04/2019).
Sementara itu, salah seorang siswa kelas 9 Unggulan M. Iqbal menyampaikan, khusus untuk persiapan UNBK, sejak jauh-jauh hari dirinya mempersiapkan diri. Agar mendapat hasil tes terbaik dalam mengerjakan soal-soal ujian tersebut. “Alhamdulillah tadi Pelajaran Matematika bisa mengerjakan”.
Terkait matpel yang dikhawatirkan olehnya, yakni matematika, lanjut Iqbal, juga sudah diantisipasi lewat kegiatan belajar dan diskusi dengan guru di kelas.
“Bahkan selain itu, jika di rumah saya juga belajar simulasi tes menggunakan HP. Ada aplikasinya juga. Selain itu juga mencoba lewat komputer di rumah,” pungkasnya.
(Wartawan M. Syukron, ST)

0 komentar :

Posting Komentar

Mohon Untuk memberikan komentar yang sopan dan santun