PROFIL
SEKOLAH
1.
Nama Sekolah : SMP ISLAM PEKALONGAN
2.
Nama Kepala Sekolah : Titik Purwaningsih, S.Pd.
3.
No. Statistik Sekolah : 203036402007
4.
NPSN : 20329542
5.
Alamat Sekolah : Jl. Dr. CIPTO 39 A
PEKALONGAN TIMUR
PEKALONGAN
JAWA TENGAH
6.
Telepon/HP/Fax : (0285) 423010
7.
Status Sekolah : Swasta
8.
Nilai Akreditasi Sekolah : A (94)
9.
Kepemilikan Tanah : Pemerintah/
Yayasan /Pribadi/Menyewa/Menumpang
*)
Status Tanah : SHM
/HGB/Hak Pakai/Akte Jual Beli/Hibah *)
Luas Lahan/Tanah : 4.387 m2
Luas Tanah Terbangun : 3.014 m2
Luas Tanah Siap
Bangun : 1.173 m2
Luas Lantai Atas
Siap Bangun : - m2
11.
Visi dan Misi Sekolah
1.
Visi Sekolah :
Mewujudkan Insan yang Istiqomah
dalam Ibadah, Unggul dalam Prestasi, Sehat Jasmani dan Rohani, Serta Berwawasan Lingkungan Hidup.
2.
Misi Sekolah
a.
Memberikan pendidikan dasar Agama Islam
seperti Qiroa’atil Qur’an, Figih, Tauhid, Tarikh, dan bahasa Arab sebagai dasar untuk
meningkatkan Iman dan Taqwa kepada Allah SWT dan untuk diamalkan serta sebagai
dasar untuk melanjutkan pendidikan Agama yang tinggi
b.
Menjadikan Islam sebagai landasan dan motivasi untuk hidup bersama , saling
menghormati., tolong menolong dan berahlak mulia
c.
Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif , hingga setiap
siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi dan kemampuannya
(potensi yang dimilikinya.
d.
Melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler untuk pengembangan kepribadian siswa
baik dalam berorganisasi, ilmu pengetahuan , kesenian dan olahraga
e.
Menumbuhkembangkan budaya bersih, aman, tertib, indah dan kekeluargaan di
lingkungan sekolah
f.
Mengikutsertakan siswa dalam setiap event lomba (ilmu pengetahuan,
keseniaan dan olahraga) pada tingkat
daerah, propinsi dan nasional
3.
Tujuan Sekolah
1.
Tujuan Umum
meningkatkan
kualitas pendidikan untuk dapat mendorong tercapainya peningkatan pengamalan
Agama, pencapaian prestasi akademis
serta kemampuan kecakapan hidup
2.
Tujuan Khusus
a.
Setiap warga sekolah menerapkan nilai-nilai Islami dalam kehidupan
pribadinya dan menyebarkan dalam lingkungan keluarga serta masyarakat
sekitarnya
b.
Memperoleh nilai rata-rata Ujian Nasional 8,0
c.
Memiliki tenaga pendidik yang profesional, penuh pengabdian dan berdedikasi
tinggi
d.
Meraih Klub Olahraga Basket, Volley,
Karate, Atletik, Renang, Tenis Meja yang mampu menjadi juara baik di tingkat Kota dan Propinsi
e.
Memiliki Klub Kesenian yang mampu
menjadi Juara tingkat Kota dan Propinsi
f.
Memiliki Kelompok Siswa berprestasi
akademis yang mampu menjadi Juara di
Tingkat Kota dan Propinsi
g.
Memiliki Kelompok Ilmiah Remaja yang
mampu menjadi Juara di tingkat kota dan
Propinsi
h.
50 % siswa mampu berkomunikasi dan
gemar menulis pada majalah dinding dan majalah Sekolah
i.
50 % siswa mampu berkomunikasi aktif
sederhana dengan menggunakan bahasa arab dan inggris
j.
Semua siswa peduli terhadap ketertiban, kebersihan, keindahan dan
Kekeluargaan
4.
Program – program strategis
Untuk
mencapai tujuan, misi dan visi SMP Islam Pekalongan, merumuskan program-program
sebagai berikut.
1.
Mengoptimalkan mata pelajaran agama dan pengamalannya
2.
Mengintegrasikan pelajaran agama dengan pelajaran umum dan sebaliknya.
3.
Mengoptimalkan ketuntasan mata pelajaran dan daya serap.
4.
Mengikutsertakan guru dalam penataran & Retraining Bintek serta penyetaraan ke jenjang S-1.
5.
Pembinaan dan latihan secara rutin olahraga prestasi.
6.
Pembinaan dan latihan secara rutin seni musik.
7.
Pembinaan dan latihan secara rutin kepada siswa yang berprestasi akademik.
8.
Mengefektifkan pelajaran Bahasa Arab dan Bahasa Inggris dalam komunikasi
sehari-hari.
9.
Mengintensifkan Kelompok Belajar Ilmiah.
10.
Mengintensifkan siswa untuk menulis mading dan majalah sekolah.
11.
Menambah buku-buku bacaan siswa.
12.
Memupuk kesadaran siswa dalam pelaksanaan 5K.
13.
Menggalang dana di luar dana-dana rutin.
4.
Data siswa 4 (empat tahun terakhir ):
Th.
Pelajaran
|
Jml. Pendaftar (Cln. Siswa Baru
|
Kelas VII
|
Kelas
VIII
|
Kelas
IX
|
Jumlah
(Kls
VII+VIII+IX)
|
||||
Siswa
|
Jml.
Rombel
|
Siswa
|
Jml.
Rombel
|
Siswa
|
Jml.
Rombel
|
Siswa
|
Jml.
Rombel
|
||
2007/2008
|
302
|
219
|
7
|
204
|
6
|
234
|
7
|
657
|
20
|
2008/2009
|
236
|
199
|
6
|
222
|
7
|
204
|
6
|
625
|
19
|
2009/2010
|
295
|
252
|
8
|
202
|
6
|
220
|
6
|
674
|
20
|
2010/2011
|
205
|
184
|
6
|
244
|
8
|
193
|
6
|
621
|
20
|
2011/2012
|
224
|
203
|
7
|
185
|
6
|
238
|
8
|
626
|
21
|
5. Pendidik
dan Tenaga Kependidikan :
a.
Kepala Sekolah
|
|
Nama
|
Jenis
Kelamin
|
Usia
|
Pendd.
Akhir
|
Masa
Kerja
|
|
L
|
P
|
||||||
1
|
Kepala Sekolah
|
H. Edy Toni, S.Pd
|
L
|
|
50 th 11 bl
|
S1
|
26
th 05
bl
|
2
|
Wakil Kepala Sekolah
|
Fauzah, S.Pd
|
|
P
|
55
th 07
bl
|
S1
|
34
th 05
bl
|
b.
Guru
i.
Kualifikasi Pendidikan, Status,
Jenis Kelamin dan Jumlah
No
|
Tingkat
Pendidikan
|
Jumlah
dan status guru
|
Jumlah
|
|||
GTY
/ PNS
|
GTT
|
|||||
L
|
P
|
L
|
P
|
|||
1
|
S3 / S2
|
|
|
|
|
|
2
|
S1
|
23
|
16
|
1
|
4
|
44
|
3
|
D-4
|
|
|
|
|
|
4
|
D3 / Sarmud
|
|
-
|
-
|
1
|
1
|
5
|
D2
|
|
|
|
|
|
6
|
D1
|
1
|
-
|
|
-
|
1
|
7
|
SMA / sederajat
|
|
|
1
|
|
1
|
Jumlah
|
24
|
16
|
2
|
5
|
47
|
ii.
Jumlah guru dengan tugas mengajar sesuai dengan latar belakang pendidikan
(keahlian)
No
|
Guru
|
Jumlah guru dengan latar
belakang pendidikan sesuai dengan tugas mengajar
|
Jumlah guru dg latar belakang
pendd. TIDAK sesuai dg tugas mengajar
|
Jumlah
|
||||||
D1/D2
|
D3/
Sarmud
|
S1/D4
|
S2/S3
|
D1/D2
|
D3/
Sarmud
|
S1/D4
|
S2/S3
|
|||
1
|
IPA
|
|
|
3
|
|
|
1
|
1
|
|
5
|
2
|
Matematika
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
4
|
3
|
Bahasa
Indonesia
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
3
|
4
|
Bahasa
Inggris
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
3
|
5
|
Pendidikan
Agama
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
10
|
6
|
IPS
|
|
|
3
|
|
|
|
1
|
|
4
|
7
|
Penjaskes
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
2
|
8
|
Seni
Budaya
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
1
|
9
|
PKn
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
3
|
10
|
TIK/
Ketrampilan
|
|
|
2
|
|
1
|
|
|
|
3
|
11
|
BK
|
|
|
2
|
|
|
|
1
|
|
3
|
12
|
Lainnya
…
|
1
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
|
Jumlah
|
1
|
|
40
|
|
1
|
1
|
4
|
|
47
|
iii.
Pengembangan kompetensi /
profesionalisme guru
No
|
Jenis
Pengembangan Kompetensi
|
Jumlah
guru yang telah mengikuti kegiatan pengembangan kompetensi/profesionalisme
|
|||
Laki-laki
|
Jumlah
|
Perempuan
|
Jumlah
|
||
1
|
Penataran
KBK/KTSP
|
26
|
|
21
|
47
|
2
|
Penataran Metode Pembelajaran (termasuk CTL)
|
1
|
|
4
|
5
|
3
|
Penataran
PTK
|
1
|
|
2
|
3
|
4
|
Penataran
Karya Tulis Ilmiah
|
-
|
|
-
|
|
5
|
Sertifikasi
Profesi/Kompetensi
|
8
|
|
8
|
16
|
6
|
Penataran
PTBK
|
-
|
|
-
|
-
|
7
|
Penataran
Lainnya
|
6
|
|
6
|
12
|
c.
Tenaga Kependidikan : Tenaga
Pendukung
No
|
Tenaga
Pendukung
|
Jumlah tenaga pendukung dan
kualifikasi pendidikannya
|
Jumlah tenaga pendukung
berdasarkan status dan jenis Kelamin
|
Jumlah
|
||||||||
SMP
|
SMA
|
D1
|
D2
|
D3
|
S1
|
PNS
|
Honorer
|
|||||
L
|
P
|
L
|
P
|
|||||||||
1
|
Tata Usaha
|
|
3
|
1
|
|
|
2
|
|
|
2
|
4
|
6
|
2
|
Perpustakaan
|
|
|
|
|
1
|
1
|
|
|
1
|
1
|
2
|
3
|
Laboran Lab.
IPA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Teknisi Lab.
Komputer
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Laboran Lab.
Bahasa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
PTD (Pend.
Tek. Dasar)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Kantin
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
2
|
8
|
Penjaga
Sekolah
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
1
|
9
|
Tukang kebun
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
2
|
10
|
Keamanan
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
1
|
11
|
Lainnya …
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
1
|
8
|
1
|
|
1
|
4
|
|
|
|
|
14
|
6. a) Data Ruang Belajar (Kelas)
Kondisi
|
Jumlah
dan Ukuran
|
Jml. Ruang lainnya yg dipakai
untuk kelas (e)
|
Jml. Ruang yg dipakai utk
kelas
(f)=(d+e)
|
|||
Ukuran
7x 9 m2
(a)
|
Ukuran
> 63 m2
(b)
|
Ukuran
< 63 m2
(a)
|
Jumlah
(d)
= (a+b+c)
|
|||
Baik
|
21
|
|
|
21
|
-
|
-
|
Rsk ringan
|
|
|
|
|
|
|
Rsk sedang
|
|
|
|
|
|
|
Rsk Berat
|
|
|
|
|
|
|
Rsk Total
|
|
|
|
|
|
Keterangan kondisi :
Baik
|
Kerusakan
< 15%
|
Rusak
ringan
|
15%
- < 30%
|
Rusak
sedang
|
30%
- < 45%
|
Rusak
berat
|
45%
- <65%
|
Rusak
total
|
>65%
|
b)
Data ruang Lainnya
Jenis
Ruangan
|
Jumlah
(buah)
|
Ukuran
(pxl)
|
Kondisi
|
Jenis
Ruangan
|
Jumlah
(buah)
|
Ukuran
(pxl)
|
Kondisi
|
1.
Perpustakaan
|
1
|
9
x 15
|
Baik
|
6.
Lab. Bahasa
|
1
|
7
x 9
|
Baik
|
2.
Lab. IPA
|
1
|
8
x 21
|
Baik
|
7.
lab. Komputer
|
2
|
7
x 18
|
Baik
|
3.
Ketrampilan
|
-
|
-
|
-
|
8.
PTD
|
-
|
-
|
-
|
4.
Multimedia
|
1
|
7
x 18
|
Baik
|
9.
Serbaguna
|
1
|
9
x 18
|
Baik
|
5.
Kesenian
|
1
|
7
x 9
|
Baik
|
10.
UKS
|
1
|
3
x 9
|
Baik
|
c)
Data Ruang Kantor
Jenis
Ruangan
|
Jumlah
(buah)
|
Ukuran
(pxl)
|
Kondisi
|
1.
Kepala Sekolah
|
1
|
5.25
x 5.5
|
Baik
|
2.
Wakil Kepala Sekolah
|
-
|
-
|
|
3.
Guru
|
2
|
7
x 18
|
|
4.
Tata Usaha
|
1
|
7
x 9
|
|
5.
Tamu
|
1
|
3.5
x 3.5
|
|
6.
BP
|
1
|
3
x 9
|
Baik
|
d)
Data ruang penunjang
Jenis
Ruangan
|
Jumlah
(buah)
|
Ukuran
(pxl)
|
Kondisi
|
Jenis
Ruangan
|
Jumlah
(buah)
|
Ukuran
(pxl)
|
Kondisi
|
1.
Gudang
|
3
|
3
x 12
|
Baik
|
10.
Ibadah
|
2
|
281
|
Baik
|
2.
Dapur
|
-
|
-
|
-
|
11.
Ganti
|
-
|
-
|
-
|
3.
Reproduksi
|
1
|
3
x 5
|
Baik
|
12.
Koperasi
|
1
|
3
x 9
|
Baik
|
4.
KM/WC Guru
|
3
|
3
x 3
|
Baik
|
13.
Hall / Lobi
|
-
|
-
|
-
|
5.
KM/WC Siswa
|
12
|
3
x 3
|
Baik
|
14.
Kantin
|
5
|
|
Baik
|
6.
BK
|
1
|
3
x 9
|
Baik
|
15. Rumah
pompa / menara air
|
-
|
-
|
-
|
7.
UKS
|
1
|
3
x 9
|
Baik
|
16. Bangsal
kendaraan
|
3
|
222
|
Baik
|
8.
PMR/Pramuka
|
-
|
-
|
-
|
17. Rumah
Penjaga
|
1
|
3
x 10
|
Baik
|
9.
OSIS
|
1
|
3
x 4
|
Baik
|
18.
Pos Jaga
|
-
|
-
|
-
|
7.
Lapangan Olah raga dan Upacara
Lapangan
|
Jumlah
(buah)
|
Ukuran
(pxl)
|
Kondisi
|
Keterangan
|
1. Lapangan
Olahraga
|
|
|
|
|
a.
Basket
|
1
|
28
x 16
|
Baik
|
|
b.
Badminton
|
1
|
13,4
x 6,10
|
Baik
|
|
c.
Volley
|
1
|
9
x 18
|
Baik
|
|
d.
|
|
|
|
|
e.
|
|
|
|
|
2. Lapangan
Upacara
|
|
|
|
|
4. Fasilitas
Penunjang Perpustakaan
No
|
Jenis
|
Jumlah/ukuran/Spesifikasi
|
1
|
Komputer
|
1
/ unit / baik
|
2
|
Ruang Baca
|
1
/ 7 x 9 / baik
|
3
|
TV
|
1
/ unit / baik
|
4
|
LCD
|
1
/ unit / baik
|
5
|
VCD/DVD Player
|
1
/ set / baik
|
6
|
Tape Recorder
|
1
/ set / baik
|
7
|
Mesin ketik
|
1
/ unit / baik
|
8
|
OHP
|
1
/ unit / baik
|
5. Alat/Bahan
di Laboratorium/Ruang Ketrampilan/Ruang Multimedia
No
|
Alat/bahan
|
Jumlah,
kualitas dan kondisi alat/bahan *)
|
||||||||||
Jumlah
|
Kualitas
|
Kondisi
|
||||||||||
<25%
dr Keb
|
25%-50%
dr Keb
|
50%-75%
dr keb
|
75%-100%
dr keb
|
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
Sangat baik
|
Rusak berat
|
Rusak ringan
|
Baik
|
||
1
|
Lab. IPA
|
|
|
|
v
|
|
|
v
|
|
|
|
v
|
2
|
Lab. Bahasa
|
|
|
v
|
|
|
|
v
|
|
|
|
v
|
3
|
Lab. Komputer
|
|
|
|
v
|
|
|
v
|
|
|
|
v
|
4
|
Ketrampilan
|
|
v
|
|
|
|
|
v
|
|
|
|
v
|
5
|
PTD
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Kesenian
|
|
v
|
|
|
|
|
v
|
|
|
|
v
|
7
|
Multimeda
|
|
v
|
|
|
|
|
v
|
|
|
|
v
|
6.
Prestasi sekolah / siswa 4 (empat) tahun terakhir
a.
Prestasi akademik NUAN dan Peringkat Tingkat Kota
No 1
|
Tahun
Pelajaran
|
NILAI
UN
|
|||||
Bhs.
Indonesia
|
Matematika
|
Bahasa
Inggris
|
IPA
|
Jumlah
|
Peringkat
|
||
1
|
2006
/ 2007
|
8,28
|
7,57
|
7,71
|
-
|
23,56
|
4
|
2
|
2007
/ 2008
|
7,41
|
7,52
|
7,24
|
7,62
|
29,79
|
3
|
3
|
2008
/ 2009
|
8,01
|
9,23
|
7,58
|
8,94
|
33,76
|
2
|
4
|
2009 / 2010
|
8,06
|
7,24
|
7,30
|
8,07
|
30,57
|
6
|
5
|
2010 / 2011
|
8,13
|
7,95
|
8,15
|
8,18
|
32,41
|
6
|
Prestasi
Akademik Peringkat Rerata NUAN
No
|
Th.
Pelajaran
|
Peringkat
|
||||||||
Tk.
Kecamatan (Rayon)
|
Tk.
Kab / Kota
|
Tk.
Propinsi
|
||||||||
Sek.
Negeri
|
Sek.
Swasta
|
Sek.
Neg & Swasta
|
Sek.
Negeri
|
Sek.
Swasta
|
Sek.
Neg & Swasta
|
Sek.
Negeri
|
Sek.
Swasta
|
Sek.
Neg & Swasta
|
||
1
|
2006/2007
|
|
|
|
|
2
|
4
|
|
50
|
243
|
2
|
2007/2008
|
|
|
|
|
2
|
3
|
|
41
|
189
|
3
|
2008/2009
|
|
|
|
|
1
|
2
|
|
|
|
4
|
2009/2010
|
|
|
|
|
2
|
4
|
|
124
|
427
|
5
|
2010/2011
|
|
|
|
|
6
|
6
|
|
|
|
b.
Prestasi Akademik Nilai Ujian
Sekolah (US)
No
|
Mata
Pelajaran
|
Rata-rata
nilai US
|
||
2008/2009
|
2009/2010
|
2010/2011
|
||
1
|
Pendidikan
Agama
|
8,32
|
8,17
|
7,88
|
2
|
PPKn
|
7,27
|
8,61
|
7,73
|
3
|
IPA
|
-
|
-
|
-
|
4
|
IPS
|
6,78
|
7,86
|
6,91
|
5
|
Kesenian
|
7,23
|
7,63
|
8,20
|
6
|
Penjas
|
7,52
|
7,48
|
7,70
|
7
|
B. Jawa
|
7,65
|
7,89
|
7,34
|
8
|
B. Arab
|
7.89
|
7,37
|
7,44
|
9
|
PKK /
Ketrampilan
|
8,22
|
8,43
|
8,29
|
10
|
TIK
|
8,36
|
7,67
|
7,47
|
c.
Angka Kelulusan dan Melanjutkan
No
|
Tahun
Ajaran
|
Jumlah
kelulusan dan Kelanjutan Studi
|
||||
Jumlah
peserta Ujian
|
Jumlah
Lulus
|
%
Kelulusan
|
%
Lulusan yang melanjutkan pendidikan
|
% lulusan yang TIDAK
melanjutkan pendidikan
|
||
1
|
2006/2007
|
244
|
240
|
98,36
|
100
|
0
|
2
|
2007/2008
|
234
|
233
|
99,57
|
100
|
0
|
3
|
2008/2009
|
204
|
203
|
99.51
|
100
|
0
|
4
|
2009/2010
|
217
|
217
|
100
|
100
|
0
|
5
|
2010/2011
|
193
|
193
|
100
|
100
|
0
|
d.
Perolehan Kejuaraan / Prestasi Akdemik : Lomba-lomba
No
|
Nama
Lomba
|
Tahun
2009/2010
|
Tahun
2010/2011
|
||||||
Juara
ke
|
Tingkat
|
Juara
ke
|
Tingkat
|
||||||
Kab
|
Prop
|
Nas
|
Kab
|
Prop
|
Nas
|
||||
1
|
Lomba
MIPA
|
I
|
Ö
|
|
|
I
|
Ö
|
|
|
2
|
Pidato
B. Inggris
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Puisi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Biologi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Pidato
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Menulis Cerpen
|
|
|
|
|
I
|
Ö
|
|
|
7
|
Rumpun
Kebahasaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
LKIR
|
I
|
Ö
|
Ö
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
e.
Perolehan Kejuaraan /
Prestasi Non Akdemik
No
|
Nama
Lomba
|
Tahun
2009/2010
|
Tahun
2010/2011
|
||||||
Juara
ke
|
Tingkat
|
Juara
ke
|
Tingkat
|
||||||
Kab
|
Prop
|
Nas
|
Kab
|
Prop
|
Nas
|
||||
1
|
MTQ
|
|
|
|
|
II
|
Ö
|
|
|
2
|
Taekwondo
|
I
|
Ö
|
|
|
I
|
Ö
|
|
|
3
|
Sajak
Kepahlawanan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Renang
|
I
|
Ö
|
|
|
II
|
Ö
|
|
|
5
|
Nyanyi
Tunggal Putra
|
I
|
Ö
|
|
|
II
|
Ö
|
|
|
6
|
Tolak
Peluru
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Bola
Basket
|
I
|
Ö
|
|
|
II
|
Ö
|
|
|
8
|
Bola
Volly
|
|
|
|
|
II
|
Ö
|
|
|
Pekalongan
smoga tetap jaya,........aku alumnimu
BalasHapusAmiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin.
Hapus