Sabtu, 26 Mei 2012

Profil Sekolah

PROFIL SEKOLAH

1.         Nama Sekolah                                :   SMP ISLAM PEKALONGAN
2.         Nama Kepala Sekolah                  :   Titik Purwaningsih, S.Pd.
3.         No. Statistik Sekolah                      :   203036402007
4.         NPSN                                                 :   20329542   
5.         Alamat Sekolah                              :   Jl. Dr. CIPTO 39 A
 PEKALONGAN TIMUR
 PEKALONGAN
                                                                         JAWA TENGAH
6.         Telepon/HP/Fax                              :   (0285) 423010
7.         Status Sekolah                                :   Swasta
8.         Nilai Akreditasi Sekolah                :   A  (94)
9.         Kepemilikan Tanah                        :   Pemerintah/  Yayasan  /Pribadi/Menyewa/Menumpang *)
Status Tanah                                    :     SHM  /HGB/Hak Pakai/Akte Jual Beli/Hibah *)
Luas Lahan/Tanah                         :     4.387               m2
Luas Tanah Terbangun                  :     3.014               m2
Luas Tanah Siap Bangun              :     1.173               m2
Luas Lantai Atas Siap Bangun     :     -                       m2
11.      Visi dan Misi Sekolah
1.        Visi Sekolah :
Mewujudkan Insan yang Istiqomah dalam Ibadah, Unggul  dalam Prestasi, Sehat Jasmani dan Rohani, Serta Berwawasan Lingkungan Hidup.

2.        Misi Sekolah
a.         Memberikan pendidikan dasar Agama Islam  seperti Qiroa’atil Qur’an, Figih, Tauhid, Tarikh,  dan bahasa Arab sebagai dasar untuk meningkatkan Iman dan Taqwa kepada Allah SWT dan untuk diamalkan serta sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan Agama yang tinggi
b.        Menjadikan Islam sebagai landasan dan motivasi untuk hidup bersama , saling menghormati., tolong menolong dan berahlak mulia
c.         Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif , hingga setiap siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi dan kemampuannya (potensi yang dimilikinya.
d.        Melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler untuk pengembangan kepribadian siswa baik dalam berorganisasi, ilmu pengetahuan , kesenian dan olahraga
e.         Menumbuhkembangkan budaya bersih, aman, tertib, indah dan kekeluargaan di lingkungan sekolah
f.         Mengikutsertakan siswa dalam setiap event lomba (ilmu pengetahuan, keseniaan dan olahraga) pada  tingkat daerah, propinsi dan nasional
3.        Tujuan Sekolah
1.         Tujuan Umum
meningkatkan kualitas pendidikan untuk dapat mendorong tercapainya peningkatan pengamalan Agama,  pencapaian prestasi akademis serta kemampuan kecakapan hidup
2.         Tujuan Khusus
a.       Setiap warga sekolah menerapkan nilai-nilai Islami dalam kehidupan pribadinya dan menyebarkan dalam lingkungan keluarga serta masyarakat sekitarnya
b.       Memperoleh nilai rata-rata Ujian Nasional 8,0
c.       Memiliki tenaga pendidik yang profesional, penuh pengabdian dan berdedikasi tinggi
d.      Meraih Klub Olahraga  Basket, Volley, Karate, Atletik, Renang, Tenis Meja yang mampu menjadi juara  baik di tingkat Kota dan Propinsi
e.       Memiliki Klub Kesenian  yang mampu menjadi Juara tingkat Kota dan Propinsi
f.        Memiliki Kelompok Siswa  berprestasi akademis  yang mampu menjadi Juara di Tingkat Kota dan Propinsi
g.       Memiliki Kelompok Ilmiah Remaja  yang mampu menjadi Juara  di tingkat kota dan Propinsi
h.       50 % siswa  mampu berkomunikasi dan gemar menulis pada majalah dinding dan majalah Sekolah
i.         50 % siswa  mampu berkomunikasi aktif sederhana dengan menggunakan bahasa arab dan inggris
j.         Semua siswa peduli terhadap ketertiban, kebersihan, keindahan dan Kekeluargaan
4.        Program – program strategis
Untuk mencapai tujuan, misi dan visi SMP Islam Pekalongan, merumuskan program-program sebagai berikut.
1.         Mengoptimalkan mata pelajaran agama dan pengamalannya
2.         Mengintegrasikan pelajaran agama dengan pelajaran umum dan sebaliknya.
3.         Mengoptimalkan ketuntasan mata pelajaran dan daya serap.
4.         Mengikutsertakan guru dalam penataran & Retraining Bintek serta penyetaraan ke jenjang S-1.
5.         Pembinaan dan latihan secara rutin olahraga prestasi.
6.         Pembinaan dan latihan secara rutin seni musik.
7.         Pembinaan dan latihan secara rutin kepada siswa yang berprestasi akademik.
8.         Mengefektifkan pelajaran Bahasa Arab dan Bahasa Inggris dalam komunikasi sehari-hari.
9.         Mengintensifkan Kelompok Belajar Ilmiah.
10.      Mengintensifkan siswa untuk menulis mading dan majalah sekolah.
11.      Menambah buku-buku bacaan siswa.
12.      Memupuk kesadaran siswa dalam pelaksanaan 5K.
13.      Menggalang dana di luar dana-dana rutin.

4.       Data siswa 4 (empat tahun terakhir                ):
Th. Pelajaran
Jml. Pendaftar (Cln. Siswa Baru
Kelas  VII
Kelas VIII
Kelas IX
Jumlah
(Kls VII+VIII+IX)
Siswa
Jml. Rombel
Siswa
Jml. Rombel
Siswa
Jml. Rombel
Siswa
Jml. Rombel
2007/2008
302
219
7
204
6
234
7
657
20
2008/2009
236
199
6
222
7
204
6
625
19
2009/2010
295
252
8
202
6
220
6
674
20
2010/2011
205
184
6
244
8
193
6
621
20
2011/2012
224
203
7
185
6
238
8
626
21

5.       Pendidik dan Tenaga Kependidikan                :
a.       Kepala Sekolah


Nama
Jenis Kelamin
Usia
Pendd. Akhir
Masa Kerja
L
P
1
Kepala Sekolah
 H. Edy Toni, S.Pd
L

50 th 11 bl
S1
26 th 05 bl
2
Wakil Kepala Sekolah
 Fauzah, S.Pd

P
55 th 07 bl
S1
34 th 05 bl
b.       Guru
                                                               i.      Kualifikasi Pendidikan, Status, Jenis Kelamin dan Jumlah
No
Tingkat Pendidikan
Jumlah dan status guru
Jumlah
GTY / PNS
GTT
L
P
L
P
1
S3 / S2





2
S1
23
16
1
4
44
3
D-4





4
D3 / Sarmud

-
-
1
1
5
D2





6
D1
1
-

-
1
7
SMA / sederajat


1

1
Jumlah
24
16
2
5
47
                                                              ii.      Jumlah guru dengan tugas mengajar sesuai dengan latar belakang pendidikan (keahlian)
No
Guru
Jumlah guru dengan latar belakang pendidikan sesuai dengan tugas mengajar
Jumlah guru dg latar belakang pendd. TIDAK sesuai dg tugas mengajar
Jumlah
D1/D2
D3/
Sarmud
S1/D4
S2/S3
D1/D2
D3/
Sarmud
S1/D4
S2/S3
1
IPA


3


1
1

5
2
Matematika


4





4
3
Bahasa Indonesia


3





3
4
Bahasa Inggris


3





3
5
Pendidikan Agama


10





10
6
IPS


3



1

4
7
Penjaskes


2





2
8
Seni Budaya






1

1
9
PKn


3





3
10
TIK/ Ketrampilan


2

1



3
11
BK


2



1

3
12
Lainnya …
1

5





6

Jumlah
1

40

1
1
4

47



                                                            iii.      Pengembangan kompetensi / profesionalisme guru
No
Jenis Pengembangan Kompetensi
Jumlah guru yang telah mengikuti kegiatan pengembangan kompetensi/profesionalisme
Laki-laki
Jumlah
Perempuan
Jumlah
1
Penataran KBK/KTSP
26

21
47
2
Penataran Metode Pembelajaran (termasuk CTL)
1

4
5
3
Penataran PTK
1

2
3
4
Penataran Karya Tulis Ilmiah
-

-

5
Sertifikasi Profesi/Kompetensi
8

8
16
6
Penataran PTBK
-

-
-
7
Penataran Lainnya
6

6
12

c.        Tenaga Kependidikan : Tenaga Pendukung
No
Tenaga Pendukung
Jumlah tenaga pendukung dan kualifikasi pendidikannya
Jumlah tenaga pendukung berdasarkan status dan jenis Kelamin
Jumlah
SMP
SMA
D1
D2
D3
S1
PNS
Honorer
L
P
L
P
1
Tata Usaha

3
1


2


2
4
6
2
Perpustakaan




1
1


1
1
2
3
Laboran Lab. IPA











4
Teknisi Lab. Komputer











5
Laboran Lab. Bahasa











6
PTD (Pend. Tek. Dasar)











7
Kantin

2







2
2
8
Penjaga Sekolah
1







1

1
9
Tukang kebun

2






2

2
10
Keamanan

1






1

1
11
Lainnya …












Jumlah
1
8
1

1
4




14


6.       a)   Data Ruang Belajar (Kelas)
Kondisi
Jumlah dan Ukuran
Jml. Ruang lainnya yg dipakai untuk kelas (e)
Jml. Ruang yg dipakai utk kelas
(f)=(d+e)
Ukuran
7x 9 m2 (a)
Ukuran
> 63 m2 (b)
Ukuran
< 63 m2 (a)
Jumlah (d)
= (a+b+c)
Baik
21


21
-
-
Rsk ringan






Rsk sedang






Rsk Berat






Rsk Total






           Keterangan kondisi :
Baik
Kerusakan < 15%
Rusak ringan
15% - < 30%
Rusak sedang
30% - < 45%
Rusak berat
45% - <65%
Rusak total
>65%
       

        b)   Data ruang Lainnya
Jenis Ruangan
Jumlah (buah)
Ukuran (pxl)
Kondisi
Jenis Ruangan
Jumlah (buah)
Ukuran (pxl)
Kondisi
1. Perpustakaan
1
9 x 15
Baik
6. Lab. Bahasa
1
7 x 9
Baik
2. Lab. IPA
1
8 x 21
Baik
7. lab. Komputer
2
7 x 18
Baik
3. Ketrampilan
-
-
-
8. PTD
-
-
-
4. Multimedia
1
7 x 18
Baik
9. Serbaguna
1
9 x 18
Baik
5. Kesenian
1
7 x 9
Baik
10. UKS
1
3 x 9
Baik


c)       Data Ruang Kantor
Jenis Ruangan
Jumlah (buah)
Ukuran (pxl)
Kondisi
1. Kepala Sekolah
1
5.25 x 5.5
Baik
2. Wakil Kepala Sekolah
-
-
3. Guru
2
7 x 18
4. Tata Usaha
1
7 x 9
5. Tamu
1
3.5 x 3.5
6. BP
1
3 x 9
Baik


        d)   Data ruang penunjang
Jenis Ruangan
Jumlah (buah)
Ukuran (pxl)
Kondisi
Jenis Ruangan
Jumlah (buah)
Ukuran (pxl)
Kondisi
1. Gudang
3
3 x 12
Baik
10. Ibadah
2
281
Baik
2. Dapur
-
-
-
11. Ganti
-
-
-
3. Reproduksi
1
3 x 5
Baik
12. Koperasi
1
3 x 9
Baik
4. KM/WC Guru
3
3 x 3
Baik
13. Hall / Lobi
-
-
-
5. KM/WC Siswa
12
3 x 3
Baik
14. Kantin
5

Baik
6. BK
1
3 x 9
Baik
15. Rumah pompa / menara air
-
-
-
7. UKS
1
3 x 9
Baik
16. Bangsal kendaraan
3
222
Baik
8. PMR/Pramuka
-
-
-
17. Rumah Penjaga
1
3 x 10
Baik
9. OSIS
1
3 x 4
Baik
18. Pos Jaga
-
-
-

 7.       Lapangan Olah raga dan Upacara
Lapangan
Jumlah (buah)
Ukuran (pxl)
Kondisi
Keterangan
1. Lapangan Olahraga




a. Basket
1
28 x 16
Baik

b. Badminton
1
13,4 x 6,10
Baik

c. Volley
1
9 x 18
Baik

d.




e.




2. Lapangan Upacara





4.       Fasilitas Penunjang Perpustakaan
No
Jenis
Jumlah/ukuran/Spesifikasi
1
Komputer
1 / unit / baik
2
Ruang Baca
1 / 7 x 9 / baik
3
TV
1 / unit / baik
4
LCD
1 / unit / baik
5
VCD/DVD Player
1 / set / baik
6
Tape Recorder
1 / set / baik
7
Mesin ketik
1 / unit / baik
8
OHP
1 / unit / baik


5.       Alat/Bahan di Laboratorium/Ruang Ketrampilan/Ruang Multimedia
No
Alat/bahan
Jumlah, kualitas dan kondisi alat/bahan *)
Jumlah
Kualitas
Kondisi
<25% dr Keb
25%-50% dr Keb
50%-75% dr keb
75%-100% dr keb
Kurang
Cukup
Baik
Sangat baik
Rusak berat
Rusak ringan
Baik
1
Lab. IPA



v


v



v
2
Lab. Bahasa


v



v



v
3
Lab. Komputer



v


v



v
4
Ketrampilan

v




v



v
5
PTD











6
Kesenian

v




v



v
7
Multimeda

v




v



v


6.       Prestasi sekolah / siswa 4 (empat) tahun terakhir
a.       Prestasi akademik NUAN dan Peringkat Tingkat Kota
No                                                    1
Tahun Pelajaran
NILAI UN
Bhs. Indonesia
Matematika
Bahasa Inggris
IPA
Jumlah
Peringkat
1
2006 / 2007
8,28
7,57
7,71
-
23,56
4
2
2007 / 2008
7,41
7,52
7,24
7,62
29,79
3
3
2008 / 2009
8,01
9,23
7,58
8,94
33,76
2
4
2009 / 2010
8,06
7,24
7,30
8,07
30,57
6
5
2010 / 2011
8,13
7,95
8,15
8,18
32,41
6

Prestasi Akademik Peringkat Rerata NUAN
No
Th. Pelajaran
Peringkat
Tk. Kecamatan (Rayon)
Tk. Kab / Kota
Tk. Propinsi
Sek. Negeri
Sek. Swasta
Sek. Neg & Swasta
Sek. Negeri
Sek. Swasta
Sek. Neg & Swasta
Sek. Negeri
Sek. Swasta
Sek. Neg & Swasta
1
2006/2007




2
4

50
243
2
2007/2008




2
3

41
189
3
2008/2009




1
2



4
2009/2010




2
4

124
427
5
2010/2011




6
6




b.       Prestasi Akademik Nilai Ujian Sekolah (US)
No
Mata Pelajaran
Rata-rata nilai US
2008/2009
2009/2010
2010/2011
1
Pendidikan Agama
8,32
8,17
7,88
2
PPKn
7,27
8,61
7,73
3
IPA
-
-
-
4
IPS
6,78
7,86
6,91
5
Kesenian
7,23
7,63
8,20
6
Penjas
7,52
7,48
7,70
7
B. Jawa
7,65
7,89
7,34
8
B. Arab
7.89
7,37
7,44
9
PKK / Ketrampilan
8,22
8,43
8,29
10
TIK
8,36
7,67
7,47

c.        Angka Kelulusan dan Melanjutkan
No
Tahun Ajaran
Jumlah kelulusan dan Kelanjutan Studi
Jumlah peserta Ujian
Jumlah Lulus
% Kelulusan
% Lulusan yang melanjutkan pendidikan
% lulusan yang TIDAK melanjutkan pendidikan
1
2006/2007
244
240
98,36
100
0
2
2007/2008
234
233
99,57
100
0
3
2008/2009
204
203
99.51
100
0
4
2009/2010
217
217
100
100
0
5
2010/2011
193
193
100
100
0

d.       Perolehan Kejuaraan / Prestasi Akdemik : Lomba-lomba
No
Nama Lomba
Tahun 2009/2010
Tahun 2010/2011
Juara ke
Tingkat
Juara ke
Tingkat
Kab
Prop
Nas
Kab
Prop
Nas
1
Lomba MIPA
I
Ö


I
Ö


2
Pidato B. Inggris








3
Puisi








4
Biologi








5
Pidato








6
Menulis Cerpen




I
Ö


7
Rumpun Kebahasaan








8
LKIR
I
Ö
Ö





9









10










e.        Perolehan Kejuaraan / Prestasi  Non Akdemik
No
Nama Lomba
Tahun 2009/2010
Tahun 2010/2011
Juara ke
Tingkat
Juara ke
Tingkat
Kab
Prop
Nas
Kab
Prop
Nas
1
MTQ




II
Ö


2
Taekwondo
I
Ö


I
Ö


3
Sajak Kepahlawanan








4
Renang
I
Ö


II
Ö


5
Nyanyi Tunggal Putra
I
Ö


II
Ö


6
Tolak Peluru








7
Bola Basket
I
Ö


II
Ö


8
Bola Volly




II
Ö


                                                           


Pekalongan

2 komentar :

Mohon Untuk memberikan komentar yang sopan dan santun